Buah

Manfaat Buah semangka yang jarang diketahui

Siapa yang tak suka buah semangka? Buah berwarna merah dan berasa manis, renyah dan segar ini memang paling nikmat dinikmati saat siang hari yang terik atau sehabis menyantap makanan yang pedas. Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar karena selain rasanya yang sangat segar, kandungan gizinya juga sangat baik untuk kesehatan. Buah semangka mengandung vitamin A, B6 dan C yang sangat baik sebagai antioksidan tubuh. Kandungan kalorinya juga rendah sehingga tak perlu khawatir akan bobot badan saat menyantap buah ini. Buah semangka juga kaya akan potassium dan lycopene yang baik bagi kesehatan jantung dan pencegahan kanker.

Anti Penuaan Dini
Buah semangka mengandung nutrisi kompleks seperti likopen, vitamin A, vitamin C dan potassium yang bisa menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit Anda. Diantaranya adalah paparan sinar UV matahari, polusi, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Paparan-paparan tersebut menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti garis-garis halus, flek hitam, jerawat dan penuaan dini. Zat antioksidan pada semangka akan membantu tubuh untuk melepaskan timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit Anda menjadi lebih sehat dan cerah.

Menjaga Kelembapan Kulit
Bila Anda memiliki masalah kulit kering dan bersisik, semanga adalah buah terbaik yang bisa membantu mengatasi masalah Anda. Buah semangka mengandung kadar air yang melimpah sehingga dapat memberi kelembapan ekstra pada kulit. Mengkonsumsi buah semangka juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Untuk memaksimalkan manfaat semangka bagi kecantikan dan kesehatan kulit Anda, selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa memakai semangka sebagai masker alami untuk memberi hasil yang lebih maksimal bagi kelembapan kulit. Gunakan masker buah semangka seminggu dua kali untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Baca Juga : 10 Manfaat Hebat dari Sayuran Organik cek aja langsung buat yang belum tau, Penting!!

Memelihara Kesehatan Ginjal
Buah semangka, selain mengandung vitamin kompleks yang dibutuhkan tubuh, juga mengandung kalium yang sangat berperan penting dalam membantu fungsi kerja ginjal. Kalium yang terkandung pada semangka ini akan membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal dan melancarkan proses ekskresi serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Konsumsi buah semangka secara rutin juga akan membuat proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, ringan, dan sehat.

Menangkal Kanker
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semangka memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang tinggi. Kedua macam zat ini sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangkan berbagai macam radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, manfaat semangka untuk menangkal kanker juga didapat dari senyawa antioksidan didalamnya yang berjumlah sangat tinggi serta baik untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit ganas lainnya.

Memelihara Kesehatan Tulang dan Jantung
Di dalam buah semangka, terkandung senyawa likopen yang berfungsi untuk membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka bisa membuat aliran darah dalam jantung terpompa dengan lebih maksimal. Selain itu, sel-sel tubuh juga beregenerasi dengan baik serta tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung turun secara drastis. Buah semangka juga mengandung kalsium yang efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga tulang pun menjadi kokoh dan terbebas dari penyakit osteoporosis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *